Diposkan pada Romance

Jang Ok Jung Live In Love

Jang_Ok-Jung_-_Korean_Drama-p2

http://asianwiki.com/Jang_Ok-Jung_-_Korean_Drama

Manusia hidup mendamba cinta, baik cinta dari sesama manusia ataupun cinta dari Sang Pencipta. Begitu pula, jika telah mencintai seseorang manusia ingin selalu bersama orang tersebut, tidak ingin dipisahkan oleh apapun. Seperti cinta antara orangtua dan anak yang tidak ingin dipisahkan oleh kematian, seperti sepasang kekasih yang saling mencintai tidak ingin berpisah karena batas tingkat dalam masyarakat.

Itulah cinta Jang Ok Jung kepada seorang Raja Joseon kala itu, Raja Sukjong. Ok Jung adalah anak seorang budak yang kemudian sukses menjadi perancang busana. Namun, meski begitu kadang masih ada saja orang yang melecehkan dan merendakannya seperti saat masih kecil lantaran lahir dari seorang budak.

Hingga kemudian Ok Jung bertemu tanpa sengaja dengan Pangeran Sukjong, untuk merancang busana. Pangeran Sukjong merasa pernah bertemu dengan Okjung, sedangkan Okjung lupa. Okjung juga tidak tahu bahwa Sukjong adalah raja. Okjung mulai mengenal istana ketika menjadi perias calon ratu, Inkyung dan bertemu dengan calon ratu yang lain, Inhyeon.

Untuk menaikkan laba bisnisnya, Ok Jung mencoba peruntungan dengan membuat peruntungan dengan mencoba membuat seragam pasukan kerajaan. Ketika pasukan kerajaan latihan di hutan, dia mengintip dan menggambar seragam pasukan. Namun, dia dia ketahuan mengintip., dianggap mata-mata dan dibawa kepada Sukjong. Alih-alih menangkap, Sukjong malah memberi kesempatan Okjung untuk menginap dan memperhatikan latihan pasukan kerajaan untuk mempelajari bagaimana seragam yang baik bagi pasukan.

1

Okjung juga kembali bertemu dengan Sukjong ketika Okjung berjalan di hutan bersama ibunya ketika berniat kabur ke Cina. Kala itu Sukjong, pingsan dan berdarah. Ok Jung pun menolongnya di tempat persembunyian. Beberapa kali pertemuan dengan Ok Jung, membuat Sukjong merasa ini adalah takdir.Begitu juga Ok Jung pun merasakan bahwa dia menaruh hati kepada Sukjong. Anehnya, selama itu Ok Jung tidak pernah menanyakan nama Sukjong, mungkin khawatir karena posisi Ok Jung sebagai anak budak. Pertemuan itu yang membuat Ok Jung akhirnya harus memilih kabur ke Cina atau datang ke Istana untuk mencari kepala pasukan Lee Soon.

Akhirnya Okjung masuk ke istana sebagai pelayan istana, melalui pamannya Jang Hyun yang bersekongkol dengan fraksi Partai Selatan. Jang Hyun memiliki ambisi membalas dendam kepada Min Yoo Joong. Anak Jang Hyun mati karena tidak bisa menikah dengan keluarga kerajaan. Dengan membawa Ok Jung yang mencintai dan dicintai Raja, Jang Hyun berharap bisa menjadi bapak mertua Raja dan membunuh Min Yoo Joong.

2

Kehadiran Ok Jung dianggap berbahaya bagi permaisuri Inhyeon, anak Min Yoo Joong sebagai tetua partai penguasa, Partai Barat. Akhirnya, Ibu Suri dan Partai Selatan mencoba menyingkirkan Ok Jung, namun Ok Jung malah semakin dicintai oleh Raja Lee Soon hingga dijadikan selir. Bahkan, lebih dari itu Ok Jung pun memiliki anak sebagai putra mahkota dan sempat menjadi permaisuri, ketika Ratu Inhyeon diturunkan dari tahta permaisuri.

Jika ditelisik dari serial ini, kisah Ok Jung mungkin agak berbeda dengan kisah Ok Jung mainstream. Mulai dari sisi Ok Jung sebagai perancang busana, hingga Ok Jung tidak berambisi pada tahta, dia hanya ingin bisa mencintai Raja dengan wajar karenanya butuh tahta. Buktinya, perlakuan kasar yang dilakukan Ok Jung tidak berujung kejam, karena berhenti di tengah jalan karena dia pernah merasakan kekejaman kalau kekerasan dilanjutkan, dan dia sadar kalau itu tidak benar.

Tokoh lain dalam serial ini ada Hyun Chi Soo, anak dari guru di mana Ok Jung belajar merancang busana. Hyun Chi Soo menetap di Cina dan datang lagi ke Joseon untuk membalas dendam kepada Jang Hyun yang membunuh ibunya, juga ingin memiliki Ok Jung yang dicintainya sejak kecil.

Ok Jung juga dicintai oleh Pangeran Dongpyung, paman dari Raja Sukjong. Hal ini sempat membuat cemburu Sukjong, namun untung saja Dongpyung mampu meredam amarah Sukjong dengan berkata jujur dan meyakinkan Raja Sukjong.

3

Serial ini menunjukkan bahwa Ok Jung benar hidup dengan cinta seperti judulnya, yakni cinta dari Raja Sukjong.  Ada beberapa kemungkinan mengapa penulis novel (yang kemudian dibuat serial) ini membuat cerita berbeda tentang Ok Jung. Pertama, sejarah mainstream dibuat oleh Partai Selatan, sehingga menyudutkan Ok Jung sebagai penyiksa yang kejam dan ambisius tahta parmaisuri. Mungkin ketika riset, penulis novel menemukan fakta lain, dan dia membuka fakta sejarah melalui novel. Seperti dalam serial ini ada kisah tentang pembuatan novel yang ditulis  dengan tujuan membuat opini pembaca (masyarakat) bahwa Ok Jung adalah selir jahat dan Ratu Inhyeon adalah permaisuri yang digulingkan seperti tokoh-tokoh yang ada dalam novel. Kedua, murni fiksi dan selera penulis novel. Sehingga tidak ada hubungannya dengan sejarah mainstream yang mendarah daging.

Saya cukup menyukai serial ini, meski ya cukup lama saya bisa menamatkan. Karena tidak terlalu bikin penasaran, tetap cukup menghibur dan memberi pelajaran. Saya maunya memberi nilai 4 dari 5, tapi karena soundtracknya kurang enak, jadinya cukup 3,5 saja. Penasaran? Nonton sendiri ya! 🙂

 

Penulis:

Peresensi Buku/ Resensator buku/ Pereview buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s